Sejarah Mts Al-anwar Paculgowang

           Sejarah perjalanan Al-Anwar dimulai ketika pada tahun 1983 tepatnya tanggal 23 juni 1983, KH. Manshur Anwar, KH. Mahfudz Anwar dan beberapa tokoh masyarakat pacolgowang bermufakat untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan yang selanjudnya diberi nama Madrasah Tsanawiyah Al-Anwar. Nama Al-Anwar diambil dari nama besar KH. Anwar Alwie dengan maksud tabarukan sekaligus tafa’ul dari keilmuan beliau yang semasa hidupnya menjadi pengayom.

            Berdirinya suatu lembaga pendidikan yang menomersatukan pendidikan agama dengan tujuan rehabilitasi moral demi mencetak generasi yang berkualitas dan mengedepankan ahlakul karimah merupakan langkah yang tepat sekaligus membanggakan. Namun tanggung jawab dan peran serta tinggi dari semua komponenya sanagat diperlukan.

            Awal mula berdirinya MTs. Al-Anwar semua masih serba sederhana. Fasilitas yang dimiliki pada waktu itu adalah sebuah kelas sangat sederhana di dipan masjid Al-Alawie pacolgowang (saat ini berfungsi sebagai gedung tamu pon.pes Tarbiyatun Nasiin) Walaupun demikian tenaga pengajarnya yang ada pada waktu itu benar-benar memiliki dedikasi yang sangat tinggi karena semuanya masih apa adanya. Sampai saat ini guru yang masih ngajar di Al-Anwar sejak berdirinya adalah : Bpk Drs. Moh. Fakih. (kepala MTs) Drs. Sugeng Winaryo (Guru MTK MA) dan H. Shohibul Maali (guru sejarah MA)

            Keberangkatan Al-ANWAR  yang dimulai dari nol, sampai saat ini bisa dikatakan sudah mencapai keberhasilan yang besar. Kini 24 tahun usia Al-Anwar. Sudah banyak prestasi yang dicapai, secara kualitas keilmuan yang ditandai dengan banyaknya alumni Al-Anwar yang menjadi pelopor dilingkunganya, maupun segi kuantitas yang ditandai dengan jumlah sisiwa yang terus meningkat.

            Saat ini Al-Anwar sudah tidak seperti 15 atau 10 tahun yang lalu. Dengan 3 gedung bertingkat yang berjumlah 18 kelas plus ruang Laboratorium Komputer, Lapangan Olah Raga, Musolla, Kantor Pelayanan Siswa (Administrasi, Keuangan, Perpustakaan, BP/BK) Bisa dimanfaatkan setiap hari.

            Tenaga pengajar MTs Al-Anwar yang ada saat ini sebanyak 48 orang dan karyawan yang sesuai dengan bidang keilmuanya dengan pelajaran dan tugas masing-masing baik dari ilmu agama maupun umum. Sistem pengajaran di Al-Anwar yang mengabungkan pelajaran dengan kurikulum nasional. Ilmu-ilmu kemasyarakatan dan pel;ajasran tahasus berbasisi pesantren di harapkan agar nantinya output Al-Anwar mampu untuk menguasai ilmu agama, juga ilmu-ilmu kemasyarakatan dan ini mungkin tidak bisa diperoleh dilembaga lain.


            Betapa Al-ANWAR  sudah memiliki tempat sendiri di hati masyarakat. Kepercayaan yang besar ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

0 Response to "Sejarah Mts Al-anwar Paculgowang"

Post a Comment