Contoh Analisis Penyebab dan Pemecahan Masalah

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR.
1. Kurangnya interaksi antara murid dan guru.Dan seringnya guru bercerita atau dongeng dalam proses belajar mengajar.

2.  Faktor Ekstrinsik yang lain, dikarenakan sosok guru yang memegang salah satu mata pelajaran  adalah guru yang keras dan tidak ia senangi. Hal ini meyebabkan ia tidak nyaman untuk belajar bersama guru tersebut.

3.  Motivasi dari diri sendiri untuk dapat menguasai mata pelajaran sudah ada akan tetapi ketika dihadapkan dengan realita lingkungan yang kurang menggemirakan terhadap dirinya membuat motivasi itu semakin lama semakin menurun.Dia merasa,sekarang ini dia mengiginkan dukungan dari orang lain.

SOLUSI / PEMECAHAN MASALAH { Problem Solving }.
1.   Disini siswi sering merasa bosan ketika menghadapi pelajaran dan merasa tidak nyaman ketika diajar oleh guru yang mengedepankan kekerasan. Maka langkah-langkah yang harus diambil
       siswa adalah:

· Tentukan sikap anda terhadap pelajaran, karena dengan sikap akan berpengaruh pada perkembangan kepribadian anda. Tentukan sikap menerima dalam memperoleh kesempatan belajar anda.

·    Timbulkan motifasi belajar yang merupakan kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses belajar. Agar anda memilki motivasi belajar yang kuat, terus menerus, maka pada tempatnya diciptakan suasana belajar yang menggembirakan.

·  Konsentrasi belajar merupakan kemampuan memusatkan perhatian pada pelajaran. Pemusatan pelajaran itu tertuju pada isi bahan belajar maupun proses memperolehnya. Disini guru juga perlu menggunakan bermacam-macam strategi belajar mengajar dan memperhitungkan waktu belajar serta selingan istirahat.

·      Mengolah bahan belajar merupakan kemampuan anda untuk menerima isi dan cara memperolehnya, sehingga menjadi bermakna. Isi bahan belajar  berupa pengetahuan sedangkan cara perolehan ajaran berupa cara-cara belajar sesuatu, seperti bagaiman menggunakan kamus, daftar logaritma / rumus matematika. 

    Oleh  karena itu dari segi guru pada tempatnya menggunakan pendekatan-pendekatan ketrampilan proses, dan laboratoriun sebagai sarana dan prasaran pembelajaran.

·   Rasa percaya diri cobalah anda timbulkan dari keinginan mewujudkan diri bertindak dan berhasil. Karena dari segi perkembangan, rasa percaya diri dapat timbul berkat adanya pengakuan dari lingkungan.

a.  Guru adalah pengajar yang mendidik segala sesuatu tindakannya tidak hanya sesuai dengan mengajar bidang study yang sesuai dengan keahliannya, tetapi juga mendidik generasi muda bangsanya. Sudah tidak zamannya lagi guru dalam mengatasi permasalahan dengan kekerasan terhadap anak didiknya, masih banyak yang perlu diperhatikan dalam tugas pengolahan pembelajaran siswa yang meliputi: pembangunan hubungan dengan baik dengan siswa, menggairahkan minat, perhatian, dan memperkuat motifasi belajar, mengorganisasikan belajar, melaksanakan pendekatan pembelajaran secara tepat, mengevalusi hasil belajar secara jujur dan objektif, serta melaporkan hasil belajar siswa kepada orang tua siswa yang berguna bagi orientasi masa depan siswa.

Ø  Persoalan suka atau tidak pada guu ini akan menjadi problem juga ,misalnya dari metode atau performance sang guru ini. Hal ini dapat di atasi dengan sharing bersama guru tersebut kalaupun itu berani,atau konsultasi pada guru BP yang ada di sekolah. Jangan sampai apa yang menjadi keluhan siswa hanya terpendam dalam hati,karma ini akan berpengaruh pada jiwa yang akhirnya membuat siswa ini malas untuk belajar, yang pada kongkridnya setiap masalah ini akan ada pemecahanya jika masalah ini memang benar-benar  ingin diselesaikan.

Ø   Motivasi/ dukungan ini tidak hanya berasal dari seseorang saja tetapi bisa juga dari hal-hal yang lain, misalnya saja siswa ini dapat menyalurkan bakat yang terpendam yang bisa memacu dia belajar lebih giat. Kalaupun dia memang membutuhkan motivasi dari orang lain, menurut kami itu hal biasa karena secara umur dia sudah memasuki masa dewasa dimana masa ini mempunyai sifat ingin diakui dan dihargai orang lain apalagi pengakuan itu berasal dari lawan jenis dia.






0 Response to "Contoh Analisis Penyebab dan Pemecahan Masalah"

Post a Comment