Keluarga Harmonis seperti apa ?

Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang dapat menciptakan perasaan damai, tenang dan senang bagi anggota-anggotanya, sehingga dapat dijadikan tempat beristirahat dari kesibukan sehari-hari.(Hamim Ilyas dan Rachmad Hidayat, 2006:15). 

Keluarga yang demikian itu sebagai satu-satunya tempat yang dapat membahagiyakan hidup didunia, dimana seluluh anggota keluarga merasakan aman dan nyaman tinggal dirumah. Rumah sebagai tempat satu-satunya di dunia ini untuk menikmati kehidupan, tempat istirahat diwaktu sedang kecapekan, tempat hiburan diwaktu kesepian, dan sebagainya. 

Singkat kata keluarga bahagia adalah keluarga yang merasakan kebahagiyaan lahir dan batin. menurut agama. Keluarga bahagia  ialah keluarga yang dapat dibina apabila masing-masing anggota keluarga dapat melaksanakan fungsinya dengan sebaik-baiknya . 

Sebagai suami misalnya ia sebagai kepala keluarga wajib bertanggung jawab atas kesejahtraan anak dan istrinya.(Masjfuk Zuhdi, 1994:60) sebagaimana kepala keluarga yang bertanggung jawab terhadap keluarganya, yaitu suami yang dapat memberikan nafkah berupa makanan, pakaian, tempat tinggal untuk istri dan anak-anaknya sesuai dengan kemampuanya. Ia jga dapat menjaga, membimbing, dan memimpin semua anggota keluarga serta bertanggung jawab atas keselamatan dan kesejahtraanya.

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa keharmonisan keluarga adalah keselarasan antara kebutuhan jasmani dan rohani, di mana keluarga tersebut secara rohaniyah diliputi oleh perasaan bahagia, senang, tentram, juga secara jasmaniyah keadaannya aman, sentosa dan makmur. 

Dengan adanya keharmonisan dan kebahagiyaan keluarga, kesejahtraan secara seimbang di mana di dalamnya terdapat sakinah, mawadah dan rohmah, sebagaimana dalam firman Allah SWT. dalam surat Ar-Rum ayat:21 yang berbunyi:
ومن ا يا ته ان خلق لكم من انفسكم ازواجا لتسكنوا اليها و جعل بينكم مودة ور حمة"ان في ذلكلا يا ت لا اقوم يتفكرون (ا الرؤم : 21)
“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cendrung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadika-Nya diantaramu rasa kasih sayang. Sesungguhya pada yang demikian itu bener-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”.(Departemen Agama RI,1989:644)

Di lingkungan keluarga pertama-tama anak mendapatkan pengaruh sadar.karena itu keluarga merupakan lembaga pendidikan tertua, yang bersifat informal dan kodrati. 

Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang tidak mempunyai program resmi  seperti yang dimiliki oleh lembaga pendidikan formal. Tugas keluarga adalah meletakkan dasar-dasar bagi perkembangan anak, agar dapat berkembang dengan baik. 

0 Response to "Keluarga Harmonis seperti apa ? "

Post a Comment