Keluarga dan ruang Lingkupnya

Keluarga dan ruang lingkupnya,  keluarga adalah sebagai tempat pendidikan pertama yang akan mewarnai sikap dan prilaku anak sebelum mengenal pendidikan di sekolah secara formal. 
Oleh karena itu faktor keluarga sangat menentukan prestasi belajar dalam pendidikan anak, karna pendidikan dalam rumah tangga merupakan kontrol kepribadian anak, apalagi dalam liungkungan keluarga keterlibatan anak dalam hidupnya memiliki tenggang waktu yang sangat lama dibandingkan dengan anak ketika berada di sekolah. 

Oleh karena itu pengawasan yang ketat dan ketenagan atau keharmonisan dalam rumah tangga sangat diperlukan. Semua apa yang terjadi dalam kehidupan keluarga itu akan sangat besar pengaruhnya terhadap pendidikan anak, sehingga suatu rumah tangga harus dapat menciptakan penghuniya benar-benar tempat istirahat pelepas lelah,tempat bersantai dan bersendagurau antara suami istri dan anak-anak sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Pranata perkawinan berfungsi sebagai wahana bagi pengembangan nilai-nilai dan norma-norma yang baik dalam keluarga. Dirumahtanggalah kebutuhan primer dan sekunder atas suatu nilai nilai keagamaan mulai di sosialisasikan atau di tanamkan, dan dirumah tangga pula semua nilai primer dapat dihayati atau di internalisasikan, yang kemudian di cerna menjadi bagian integral dari suatu pribadi. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nisa ayat 09 yang berbuyi sebagai berikut:
 وليخش الذين لو تركوا من خلفهم ذرية ضعفا خافوا عليهم فليتقوا الله وليقولوا قولا سديدا (النساء : 9)
“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandaiya meninggalkan yang di belakang mereka anak-anak yang lemah , yang mereka khawatir terhadap ( kesejahtraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”(Departemen Agama RI, 1989:116)

Sesuai dengan ayat di atas dalam upaya menjadikan anak agar mernjadi baik, maka keluarga sangat besar pengaruhnya terhadap pendidikan anak. Ketidak harmonisan dalam keluarga akan mengakibatklan konsentrasi anak dalam belajar terganggu, sehingga prestasi yang di dapatkan juga jauh dari apa yang diharapkan sebelumnya.

Akhlak adalah gambaran tentang gerakan jiwa yang telah mendarah daging, yang karena gerakan itu dapat menimbulkan suatu pekerjaan yang dapat di tunaikan dengan mudah tanpa memerlukan pertimbangan pikiran. (M.Romly Arief, 2006:02-03) 

Akhlak termasuk makna yang terpenting dalam hidup ini, karna akhlak akan mengaitkan hubungan muamalah manusia, baik secara indifidu atau kolektif. Tetapi perlu di ingat bahwa akhlak tidak  terbatas pada penyusunan hubungan antara manusia dengan manusia yang lainya, tetapi melebihi dari itu, juga mengatur hubungan  manusia dengan segala yang terdapat dalam wujud dan kehidupan ini. 

Bukan hanya itu, akan tetapi lebih dari itu, yaitu mengatur hubungan hamba dengan Tuhanya. Firman Allah dalam surat Luqman ayat:14 yang berbunyi sebagai berikut:
 ووصينا الانسان بوالديه حملته امه وهنا على وهن وفصله في عامين أن اشكرلي ولوالديك الي المصير (لقمان : 14)
“ Dan kami perintahkan kepada manusia berbuat baik kepada dua orang tuanya yang telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ayah ibumu. Hanya kepada-Kulah kembalimu (Departemen Agama RI,1989:654)


0 Response to "Keluarga dan ruang Lingkupnya"

Post a Comment