Faktor individual dalam keluarga

 Faktor-faktor individual
Faktor-faktor individual sanagat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar, adapun faktor-faktor individual itu menyangkut hal-hal sebagai berikut:

1.                  Kematangan

Kematangan dicapai oleh individu dari proses pertumbuhan fisiologisnya. Kematangan terjadi akibat adanya perubahan-perubahan kualitatif di dalam struktur jasmani dibarengi dengan perubahan-perubahan kualitatif  terhadap setruktur tersebut. Hal ini akan menumbuhkan kapasitas mental seseorang dan mempengaruhi hal belajar seseorang itu.

2.                  Faktor usia

Pertumbuhan dalam hal usia selalu dibarengi dengan proses pertumbuhan dan berkembang. Semakin tua usia individu, semakin meningkat pula kematangan berbagai fungsi fisiologinya.

3.                  Faktor perbedaan jenis kelamin

Pada saat ini belum ada petunjuk yang menguatkan tentang adanya perbedaan skil, sikap, minat, temperamen, bakat, dan pola-pola tingkah laku sebagai akibat dari perbedaan jenis kelamin.

Barangkali yang dapat membedakan antara pria dan wanita adalah dalam hal peranan dan perhatianya terhadap sesuatu pekerjaan, dan ini merupakan akibat dari pengaruh kultural.

4.                   Pengalaman sebelumya

Pengalaman yang diperoleh oleh individu ikut mempengaruhi hal belajar yang bersangkutan, terutama pada trasfer belajarnya. Hal ini terbukti bahwa anak-anak yang berasal dari kelas-kelas sosial menengah danb tinggi mempunyai keuntungan dalam belajar verbal di sekolah sebagai hasil dari pengalaman sebelumnya.

5.                 Kapasitas mental

Kapasitas adalah potensi untuk mempelajari serta mengembangkan berbagai ketrampilan atau kecakapan. Akibat dari heriditas dan lingkungan, berkembanglah kapasitas mental individu yang berupa intelgensi. Karena latar belakang hereditas dan lingkungan masing-masing individu pun bervariasi. Intelgensi seseorang ikut menentukan prestasi belajar serseorang.

6.                  Kondisi kesehatan jasmani

Orang yang belajar membutuhkan kondisi badan yang sehat. Orang yang badanya sakit akibat penyakit-penyakit tertentu serta kelelahan tidak akan dapat belajar dengan efektif. Cacat fisik juga menggangu hal belajar sehingga prestasinya dapat terpengaruhi.

7.                  Kondisi kesehatan rohani

Gangguan serta cacat mental pada seseorang sangat mengganggu hal belajar orang yang bersangkutan. Bagaimana orang dapat belajar dengan baik apabila ia sakit ingatan, sedih, frustasi, atau putus asa.

8.                  Motivasi

Motivasi yang berhubungan dengan kebutuhan, motif, dan tujuan sangat mempengarui kegiatan dan prestasi belajar.Motivasi adalah penting bagi proses belajar, karena motivasi menggerakan organisme, mengarahkan tindakan, serta memilih tujuan belajar yang dirasa paling berguna bagi kehidupan individu. (Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, 2004:138)


0 Response to "Faktor individual dalam keluarga"

Post a Comment